Ke pasar beli yuyu Jangan lupa beli belati Puput yang unyu Pengen jadi matematikawati

Jumat, 19 Oktober 2012

My Idol


Archimedes adalah penemu hukum Archimedes yaitu hukum pertama yang menerangkan tentang tekanan hidrostatik. Hukum Archimedes beliau temukan ketika beliau diminta oleh Raja untuk membuktikan ketidakjujuran tukang emas yang membuat mahkota Hieron.


Hukum Archimedes ditemukannya ketika Archimedes sedang mandi, dan ketika sudah menemukan jawabanya, Archimedes meloncat dari bak mandi dan lari telanjang di jalanan Syracuse sambil berteriak ” Eureka !! Eureka” (saya berhasil menemukannya”
Archimedes lahir di Syracuse yang sekarang dikenal dengan nama Sisilia pada tahun 287 SM. Keluarga Archimedes adalah keluarga kelas arsitokrat, ayahnya adala seorang astronom bernama Pehidias yang asih memiliki hubungan kelaurga dnegan Raja Hieron II.

Archimedes menghabiskan masa mudanya untuk menimba ilmu di Alexandria, Mesir. Di tempat inilah Archimedes berkenalan dan menjalin persabhatan dengan dua matematikawan, Conon dan Eratosthenes.

Minat utama Archimedes ada pada matematika murni, bilangan, geometri dan menghitung luas – luas bentuk geometri. Namun Archimedes lebih dikenal sebagai matematikawan karena kehebatanya mengaplikasikan matematika.

Archimedes juga berjasa dalam penemuan ulir Archimedes yang berfungsi untuk mengangkat dengan jalan memutar gagang alat ini dengan tangan.

Archimedes adalah orang pertama yang menemukan metode ‘menghitung besar’ (Pi) dengan akurasi yang tinggi yang menjadi landasan bagi matematikawan selanjutnya.

Archimedes lebih suka mengambar pada bidang pasir atau tanah lembek dibandingkan menggambar diagram pada kertas. Hingga akhir hayatnya, Archimedes dihunus pedang oleh pasukan Romawi yang saat itu sudah menduduki Syracuse ketika sedang menggambar diagram di pasir.

*Kecerdasannya dalam menemukan rumus geometri dll, membuat saya menyukai beliau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar