Ke pasar beli yuyu Jangan lupa beli belati Puput yang unyu Pengen jadi matematikawati

Minggu, 11 November 2012

KETENTUAN DAN ATURAN DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Hai,friends,chingudeul,yujin ni pecinta blogger(^.^) Kali ini,saat ini menit ini detik ini kami akan membahas,membicarakan,menjelaskan tentang KETENTUAN dan ATURAN DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI dan TELEKOMUNIKASI!! Hoorree Banzaii…. (apaan coba). Kalian pasti mengira kalau menggunakan teknologi,terutama komputer itu nggak ada aturannya kan?? Semua itu pprreett,sesungguhnya dalam menggunakan teknologi itu memiliki aturan tersendiri agar kita tetap sehat,aman,sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang …..*nahloh-__-*  Yaudah deh,daripada teman-teman yang terutama saya makin tambah gajelas begini,mending kita simak aja langsung => Cekidot….



2. KETENTUAN DAN ATURAN DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



Etika  dalam menggunakan TIK  adalah  sekumpulan nilai  yang  berkenaan dengan  akhlak,  tata  cara  (adat,  sopan  santun)  nilai  mengenai  benar  dan salah, hak dan kewajiban tentang TIK yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat   dalam   pendidikan.   Untuk   menerapkan   etika   TIK,   maka diperlukan terlebih dahulu mengenal dan memaknai prinsip yang terkandung di dalam TIK diantaranya adalah :

1.    Tujuan teknologi informasi : memberikan bantuan kepada manusia untuk menyelesaikan  masalah,  menghasilkan  kreativitas,  untuk  membuat manusia  lebih  bermakna  jika  tanpa  menggunakan  teknologi  informasi dalam aktivitasnya.
2.    Prinsip High-tech-high-touch : Lebih banyak bergantung kepada teknologi tercanggih,  lebih  penting  kita menimbangkan  aspek  “high  touch”  yaitu manusia
3.    Sesuaikan  teknologi  informasi  kepada  manusia:  kita  sepantasnya menyesuaikan  teknologi  informasi  kepada  manusia,  daripada  meminta manusia menyesuaikan dengan teknologi informasi.
Tindakan penggunaan teknologi informasi yang bertentangan dengan moral dan undang-undang yang berlaku dan banyak dibicarakan saat ini, antara lain:
a.      Hacking/cracking
Tindakan pembobolan data rahasia suatu institusi, membeli barang lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit orang lain tanpa izin (carding) merupakan contoh-contoh dari tindakan hacking. Orang yang melakukan hacking disebut hacker.
b.      Pembajakan
Mengutip atau menduplikasi suatu produk, misalkan program komputer, kemudian menggunakan dan menyebarkan tanpa izin atau lisensi dari pemegang hak cipta merupakan pembajakan, dan masuk kategori kriminal.
c.      Browsing situs-situs yang tidak sesuai dengan moral dan etika kita
Membuka situs dewasa bagi orang yang belum layak merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan norma dan etika.

PRINSIP-PRINSIP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

            Dalam dunia industri atau perkantoran besar yang menggunakan komputer dalam jumlah yang banyak, kesehatan dan keselamatan kerja tentu menjadi faktor yang sangat penting. Seorang   yang   sehari-hari menggunakan   komputer   baik   untuk    pekerjaan,   pendidikan,  ataupun   hobi   tetap   harus memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan komputer adalah :
1.      Gangguan pada mata
2.      Gangguan pada kepala
3.      Gangguan pada tangan
4.      Gangguan pada badan

Salah satu peralatan komputer yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan adalah monitor.   Layar   monitor   memancarkan   radiasi   atau   pemancaran partikel-partikel elementer dan energi radiasi. Hal ini dapat menimbulkan dampak buruk pada atom-atom di tubuh kita. Radiasi yang dipancarkan monitor komputer antara lain berupa:
1.      Sinar-X
2.      Sinar ultraviolet
3.      Gelombang mikro
4.      Radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah

Gangguan kesehatan yang diduga timbul akibat radiasi komputer adalah penyakit katarak. Untuk itu, setiap pengguna komputer perlu mengatur waktu pemakaian komputer. Jika Anda harus bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk mengatur waktu jeda agar tidak terus menerus menatap layar monitor.


Selain itu, kita perlu memperhatikan pula faktor-faktor lain yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan. Dengan posisi tubuh yang rileks, kita dapat bekerja secara efektif dan kesehatan kita pun akan terjaga. Ilmu yang mempelajari  bagaimana mengatur posisi duduk yang baik dan benar di depan komputer disebut ergonomi. Berikut ini posisi duduk yang benar  saat menggunakan computer :


*      Bagian kepala dan leher
Aturlah agar posisi kepala dan leher Anda tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini, Anda akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena akan membuat Anda cepat lelah.

*      Bagian kaki
Gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai berada dalam posisi yang nyaman.



*      Bagian punggung
Duduk   dengan   punggung   yang   tegak   dan   rileks   merupakan   posisi   yang   benar   saat menggunakan komputer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau ke kanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi.

*      Bagian pundak
Aturlah posisi pundak sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu ke bawah atau terlalu tegak.

*      Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yang baik adalah berada di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.


Selain hal-hal di atas, Anda perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut agar kesehatan Anda tetap terjaga:
1.      Sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi badan Anda
2.      Usahakan agar jarak antara monitor dan mata minimal 80 cm.
3.      Gunakan refresh rate monitor minima 72 Hz agar mata tidak cepat lelah
4.      Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan
5.      Atur pencahayaan monitor.

Tentu saja, petunjuk menjaga kesehatan tubuh yang diajarkan oleh ahli kesehatan seperti makan dan minum yang sehat, istirahat yang cukup, dan berolah raga juga perlu Anda perhatikan. Dari sisi hardware atau perangkat keras komputer, anda perlu memperhatikan faktor-faktor berikut ini karena sangat berpengaruh pada kesehatan dan keselamatan kerja.

Posisi monitor
Monitor   berpengaruh   pada   kesehatan   mata   karena   mengeluarkan   radiasi.   Untuk mengurangi keluhan pada mata, lakukan hal-hal berikut:
1.      Letakkan monitor di ruangan dengan pencahayaan yang cukup (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup)
2.      Atur posisi monitor agar berada tepat di depan mata Anda
3.      Aturlah kecerahan monitor agar cahaya yang keluar tidak terlalu terang atau terlalu redup
4.      Gunakan filter screen (filter monitor) untuk meredam radiasi.Posisi keyboard Posisi keyboard
 5.   Letakkan keyboard dengan posisi lebih rendah dari monitor, namun tidak terlalu rendah.


Posisi Mouse
Letak mouse yang benar adalah di samping keyboard. Sesuaikan tangan yang biasa Anda gunakan untuk bekerja. Jika Anda bekerja dengan tangan kiri, letakkan mouse di sebelah kiri keyboard dan aturlah agar setting mouse menjadi left handed melalui sistem operasi.

Posisi Meja dan Kursi
Aturlah meja dan kursi sedemikian rupa hingga posisi duduk Anda di depan monitor lebih nyaman, dan Anda dapat menjangkau keyboard dan mouse dengan mudah.Selain   diatur   posisinya,   perangkat   keras   komputer   harus   dijaga   dengan   baik   karena perangkat-perangkat tersebut menggunakan listrik.

Monitor
Monitor CRT menggunakan listrik tegangan tinggi dan membutuhkan daya yang cukup besar. Hindarkan monitor dari percikan air karena dapat menimbulkan hubungan pendek atau korsleting yang dapat membahayakan keselamatan Anda.

Kotak CPU
Kotak   CPU   yang   diletakkan   di   lantai   dan   tidak   dilengkapi   dengan   ground   dapat mengalirkan listrik saat kita menyentuhnya tanpa alas kaki.
Untuk menghindari korsleting, kotak CPU sebaiknya diletakkan di yang aman, misalnya di atas meja. Kotak CPU dapat ditanahkan   (grounded)   dengan   cara   dihubungkan   ke   tanah   atau   tembok   menggunakan seutas kawat tembaga. Karena CPU membutuhkan konsumsi listrik yang besar, maka kita harus menjauhkannya dari benda-benda cair dan binatang atau serangga untuk menghindari korsleting.

Kabel
Aturlah susunan kabel secara baik dan rapi. Periksala stop kontak atau sumber listrik, jangan sampai ada yang longgar karena aliran listrik yang tidak stabil berpotensi merusak perangkat keras komputer dan mengakibatkan korsleting.

Oke,teman-teman. Setelah kalian simak artikel di atas. Maka dapat kita simpulkan,bahwa aturan yang terdapat dalam TIK tersebut bermanfaat sebagai kontrol dalam TIK agar kita tidak terjerumus dalam suatu kesalahan dan kejahatan. Jadi,jangan asal pakai saja tetapi kita juga harus tau resiko menggunakan suatu teknologi,teman-teman. 
=>
Jalan jalan ke pasar bali,jangan lupa membeli sirih ,demikian artikel kami ini, sekian dan terima kasih :D<=

 SEMOGA BERMANFAAT J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar